Bangunin: Jual Genteng Terbaik di Mojokerto Sidoarjo & Surabaya Sekitarnya


Bangunin: Jual Genteng Terbaik Mojokerto Sidoarjo & Surabaya Sekitarnya

Untuk menghasilkan genteng tanah liat  yang baik, diperlukan proses pembuatan genteng melalui berbagai tahap, demi menjaga mutu dan kwalitas genteng agar tidak mengecewakan pelanggan.Cara pembuatannya dimulai dari pemilihan bahan baku, pengolahan tanah liat, pencetakan/pembuatan genteng, pengeringan genteng, penghalusan (kesik), selanjutnya pembakaran dan terahir pemilihan/penyortiran genteng sebelum dikirim.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini Kami akan menjelaskan lebih detail proses pembuatan genteng biar pelanggan lebih yakin lagi akan kualitas genteng produksi Kami.

Proses Pemilihan Bahan Baku

Awal proses pembuatan genteng diawali dengan pengolahan bahan baku atau bahan mentah berupa tanah liat yang mengandung unsur kaolin yang diambil dari tanah liat sekitar rumah,ladang,dan pegunungan di sekitar area industri genteng di Tulungagung.

Pengambilan tanah biasanya bagian lapisan paling atas dari tanah atau biasa disebut kulit tanah tidak digunakan untuk pembuatan bahan genteng,dikarenakan kandungan unsur humus dan hara sangat baik untuk bercocok tanam.

Cara pengambilan tanah dilakukan dengan cara membuang lapisan atas,selanjutnya bagian tanah yang diambil yaitu tanah yang berada dibagian bawah (kurang lebih kedalaman 1 m lebih sampai kedalaman 500 m dari permukaan lapisan tanah).

Proses selanjutnya membersihkan tanah dari berbagai kotoran contohnya seperti plastik,  batu, kayu, besi, kaleng, dan sampah lainnya.

Setelah dirasa bersih tanah tersebut kemudian diaduk rata dengan menambahkan air dan pelumas genteng atau solar serta sedikit pasir atau abu merang.

Proses Pengolahan Tanah Liat Kaolin

Setelah pemilihan bahan genteng selesai , kemudian proses selanjutnya adalah penggilingan bahan genteng yang akan diolah.

Tujuannya adalah untuk memperoleh bahan yang bagus dengan kriteria yang lebih halus serta merata.

Selanjutnya proses penggilingan dengan cara memasukkan tanah liat ke dalam mesin penggiling tanah biasanya disebut mesin gilis oleh warga sekitar,pada proses ini juga ditambahkan sedikit campuran abu/pasir, lempung kaolin dan pelumas genteng.

Tujuanya supaya tanah liat tidak terlalu lembek waktu digiling dan mempermudah proses penggilingan.

Standart penggilingan ditempat kami 5 kali penggilingan untuk memastikan pencampuran bahan baku biar lebih padat. Penggilingan berlangsung dalam waktu yang cepat dengan keluar berupa tanah liat yang telah tercetak kotak-kotak sesuai dengan ukuran genteng yang akan dicetak.

Proses Pencetakan/Pembuatan Genteng

Proses selanjutnya yaitu pencetakan genteng, pencetakan genteng biasanya dilakukan dengan cara memasukkan kotak bahan tanah liat ke dalam mesin cetak berupa mesin pres.


Sebelum dimasukkan pipihkan dulu kotak tanah liat yang sudah di gilis dengan cara dipukul dengan batang kayu . Tujuannya yaitu supaya  padat dan pas sesuai dengan ukuran mesin press. Kemudian angkat genteng basah dari mesin pres yang sudah selesai dicetak.

Proses Pengeringan

Proses selanjutnya adalah pengeringan, ada beberapa cara proses pengeringan yang biasanya dipakai di perusahaan Kami, tergantung situasi dan kondisi cuaca :

1.Proses pengeringan dengan menggunakan sinar matahari,dimana genteng hasil pengepresan dijemur secara langsung di bawah sinar matahari selama kurang lebih 4 hari.

2.Proses pengeringan dengan cara diangin-anginkan dimana genteng hasil pengepresan diletakan di dalam gudang yang terbuka dalam waktu 10 hari.


3.Proses pengeringan genteng selanjutnya yaitu dengan cara di Oven. Pengeringan Oven berlangsung selama dua hari. Pengeringan dilakukan dengan cara memasukkan genteng ke dalam Oven kemudian dipanaskan dengan menggunakan bahan bakar kayu. Pengeringan ini memerlukan biaya yang mahal.


Proses Penghalusan 

Proses ini yaitu dengan menghaluskan sisa-sisa tanah liat yang menempel pada bagian genteng dengan cara di sisik atau biasa disebut dengan kesik.

Proses Pembakaran

Proses selanjutnya adalah pembakaran genteng, biasanya berlangsung selama 2 hari 3 malam dimana suhu mencapai dengan kurang lebih 600 derajat.

Proses Pemilihan/Penyortiran genteng yang siap dikirim

Proses ini adalah proses akhir dari pembuatan genteng yaitu pemilihan dan penyortiran genteng yang siap pakai.

Demikianlah proses pembuatan genteng di perusahaan Kami, semoga artikel diatas bermanfaat bagi Pelanggan.

TENTANG BANGUNIN
Bangun.in didirikan sekitar tahun 2001. Pada awalnya melayani dan memasok material bangunan untuk pembuatan paving. Usia yang tak lagi muda membuat bangunin semakin berkembang dengan cepat. Seiring beriringnya zaman dan keunggulan material yang kami punya. 

Bangun.in sudah memasok material untuk berbagai project pembangunan PNPM mandiri, pembangunan perumahan, tower, jembatan, pagar, plengsengan dan berbagai kebutuhan bangunan lainnya. Kami siap melayani pengiriman pribadi maupun project di area Mojokerto, Jombang, Sidoarjo, Gresik, Surabaya dan sekitarnya. 

Visi Kami adalah menjadi perusahaan pemasok material terbaik dengan mengedepankan pelayanan cepat dan kualitas bahan terbaik.

ALAMAT BANGUNIN


Cara Pemesanan: 

Kontak Kami
A.Rofiq - 085732235555

Bangunin - The Best Building Materials Seller

Umur Suatu Bangunan Ditentukan Dari Material Penyusunnya

Related Posts

Bangunin: Jual Genteng Terbaik di Mojokerto Sidoarjo & Surabaya Sekitarnya
4/ 5
Oleh